Senin, 07 Oktober 2013

Mengenal Relawan PMI




Relawan PMI | menjadi menarik untuk saya share bagi anda yang mungkin masih belum memiliki gambaran apa yang kami maksud dengan Relawan, awal konsep memang Relawan yang kami maksud disini adalah relawan secara luas.

Hal ini menjadi tidak menarik lagi ketika ternyata kata Relawan sekarang sudah bukan lagi monoton milik lembaga sosial, bahkan dalam pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) atau pemilu kata relawan digunakan untuk menghaluskan kata "team sukses" atau "team pemenangan" salah satu pasangan atau calon anggota dewan.

Tentunya akan menjadi sesuatu yang tidak nyaman saat kita bercerita bersama dengan makna yang tentunya akan tidak sama, dari itu saya fokuskan Relawan ini adalah relawan kemanusiaan.


Bicara relawan kemanusiaan tidak lepas dari upaya Palang Merah Indonesia memberikan pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan hal yang mutlak harus memiliki porsi lebih untuk diperhatikan.

PMI memiliki banyak sekali relawan yang harus selalu dalam kondisi prima, siap dan sedia setiap saat untuk menjalankan tugas misi gerakan kemanusiaan, diantara banyak relawan PMI mengklasifikasikan relawan dalam beberapa klasifikasi :


  • Relawan Remaja (PMR) | adalah anggota relawan remaja yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) yang berada disekolah atau lingkungan masyarakat yang berusia siantara 7 s/d 18 tahun.
  • Korps Sukarela (KSR) | adalah relawan PMI yang terlatih dan sudah mengikuti pendidikan sesuai dengan standart PMI dan merupakan tulang punggung PMI dalam setiap gerakan yang dilakukan dilapangan, dengan usia 18 s/d 35 tahun.
  • Tenaga Sukarela (TSR) | Adalah relawan PMI yang secara pribadi personal setiap orang yang ingin mengabdikan dirinya untuk memberikan kontribusi kepada PMI baik itu moril maupun tenaga sesuai keahlian yang dimiliki, usia 18 s/d tidak terbatas.
  • Donor Darah Sukarela (DDS) |  Adalah mereka yang secara sukarela menyumbangkan darahnya untuk orang lain tanpa mengetahui siapa orang yang akan menjadi penerima darah donornya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda, kami sangat berterima kasih bila anda berkenan memberikan komentar, saran dan masukan yang membangun, demi manfaat bersama.